Selasa, 06 Desember 2016

ASUS ROG GL502VS, Produk Unggul bagi Gamers di Era Milenial



Notebook gaming yang ringan, tipis, dan berperforma prima. Sumber gambar: materi presentasi


Bagi para maniak game (gamers) tentunya menginginkan bermain secara nyaman dan menyenangkan bahkan -bukan bermaksud lebay- menjadi seru. Semua itu bisa dilakukan dengan bermain game secara mandiri atau kolaboratif (lebih dari satu orang). Untuk itu diperlukan perangkat pendukung yang khusus pula sehingga keinginan tesebut dapat tercapai.

ASUS sebagai pabrikan notebook terkemuka di dunia yang telah banyak menghasilkan penghargaan, menghadirkan keinginan para gamers tersebut dengan meluncurkan produk terbarunya dari berbagai riset yang cukup ketat. Dan sebagai sosialisasi produk terbarunya tersebut ASUS mengadakan road show di beberapa kota. 


Saat acara berlangsung. Dok pribadi
Surabaya adalah salah satu kota yang disinggahi dengan mengadakan acara bertajuk ASUS Challenge Your City yang bertempat di Hotel Sheraton 1 Desember 2016 dengan mengundang para bloger. Suatu kehormatan bagi saya bisa menghadiri acara ini. Produk terbaru ASUS notebook dan smartphone dipamerkan kemudian diulas keunggulannya, termasuk pula notebook buat game.

Keunggulan di segala lini. Sumber gambar: materi presentasi
ASUS adalah pemilik brand Republic of Gaming (ROG), sebuah produk yang identik dengan pengalaman bermain games terbaik. Untuk memperkokoh posisi di segmen tersebut maka ASUS kembali meluncurkan notebook gaming dengan menghadirkan varian tipe, salah satunya adalah ASUS ROG GL502VS dengan berbagai keunggulan didalamnya.
 
ASUS ROG GL502VS saat dipamerkan. Dok pribadi
Prosesor intel generasi ke-7
Notebook gaming ini menggunakan prosesor Intel Core i7-6700HQ dan RAM yang juga telah ditingkatkan menjadi 32GB DDR4. Peranan prosesor begitu penting mengingat fungsinya sebagai “otak” dan pusat pengendali komputer. Apalagi bila digunakan untuk game maka diperlukan prosesor yang cepat dan berperforma tinggi. Dan pilihan pada Intel Core i7-6700HQ adalah adalah langkah tepat untuk memenuhi spesifikasi tersebut.
 
Memakai prosesor generasi terbaru. Sumber gambar: shop-media.intel.com
Sebagai penghasil prosesor utama di dunia intel terus mengembangkan produk prosesornya untuk menjadi terbaik dan berkualitas. Seperti yang di rilis intel di website-nya bahwa prosesor generasi ke-7 ini dilengkapi responsitas cepat sehingga memiliki daya dan kecepatan yang dapat mengimbangi segala kebutuhan pengguna sehingga lancar tanpa penundaan. Berdefinisi ultra tinggi dengan kejernihan dan ketajaman resolusi 4K, piksel 4 kali lebih banyak dari pada layar full HD. Maka akan didapatkan gambar yang lebih tajam dan jernih, pengguna akan merasakan pengalaman menonton yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Praktis, akan menghasilkan perangkat PC atau notebook yang super tipis dan tidak memberatkan.

Hasil pengujian PC mark test. Sumber: http://bit.ly/Bechmark_ROG_GL502VS

Kartu Grafis Terbaru: Pascal
Untuk prosesor grafisnya diproduksi oleh Nvidia yang secara resmi telah merampungkan pengembangan arsitektur kartu grafis terbaru bernama Pascal yaitu chip NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB DDR5 (G-Sync), menggantikan chip grafis berbasis Maxwell. Dan ASUS merupakan vendor notebook pertama yang menghadirkan notebook gaming berkekuatan Pascal tersebut yang diluncurkan di pasaran.

Untuk grafis berbasis berarsitektur Pascal sendiri merupakan Graphics Processing Unit (GPU) pertama yang dibuat dengan 16 nanometer FinFET fabrication technology. Terdapat 150 miliar transistor didalamnya  yang akan menunjang performa tertinggi sekaligus menawarkan efisiensi energi yang sangat baik untuk berbagai kebutuhan komputasi, terutama pada sebuah notebook.

Hasil pengujian 3D mark fire strike. Sumber: http://bit.ly/Bechmark_ROG_GL502VS

Layar nyaman

Pada kerangka layarnya dilapisi matte panel sehingga tampak keren. Sedangkan bentang layar berukuran 15,6 inci yang mempunyai resolusi Full HD yang didukung G-Sync dengan  aspect ratio 16:9. Dengan spesifikasi tersebut maka para gamers akan merasa nyaman dalam pandangan mata ketika memainkan game kesukaannya itu, apalagi layar sudah beresolusi tinggi.


Hasil pengujian scr game doom. Sumber: http://bit.ly/Bechmark_ROG_GL502VS

Tipis dan ringan
Dengan panel aluminium pada cover notebook ini memberikan kesan yang mewah. Selain itu notebook ini menjadi tipis dan ringan. Dengan ketebalan 3cm pada posisi tertutup, menjadikan ASUS ROG GL502VS merupakan salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya. Sedangkan bobotnya hanya 2,3Kg. Dengan kondisi beban yang ringan seperti ini maka masalah mobilitas para gamer dapat lebih mudah dan dapat memainkan games di mana saja, tempat yang dirasa cukup nyaman.     
 
Tipis dan ringan, cocok buat portabel. Sumber gambar: materi presentasi
Kenyamanan Keyboard  
ASUS ROG GL502VS ini menggunakan full-size chicklet keyboard yang dilengkapi dengan backlight dan jarak tekan sebesar 1,6 milimeter. Yang dimaksudkan untuk memastikan kenyamanan pengguna dalam bermain. Selain itu untuk memperhatikan kebutuhan para gamers, ASUS menambahkan tanda khusus di tombol WASD untuk memudahkan pengguna saat bermain dalam suasana redup. Yang memang tombol WASD tersebut sering dipergunakan (baca: ditekan) oleh para gamers, dan ASUS pun mengkhususkan tombol tersebut dibuat lebih awet dalam penggunaannya.
 
Tombol WASD dibuat khusus karena sering digunakan gamers. Sumber gambar: materi presentasi

Ada kelebihan lain keyboard yang digunakan pada notebook Strix ini yaitu mendukung 30 keys anti-ghosting keyboard. Dengan fitur ini, seandainya para gamers menekan hingga 30 tombol pada waktu bersamaan tanpa mengalami gangguan. Dan lebih atraktif lagi dapat memainkan game sambil menekan berbagai kombinasi tombol di keyboard sekaligus dalam menjalankan instruksi atau melakukan gerakan tertentu tanpa masalah berarti. 

Keyboard khusus anti ghosting. Sumber gambar: materi presentasi

Sistem Pendingin Ganda
Bermain game kadang menjadi lupa waktu. Dalam penggunaan waktu lama juga tidak perlu khawatir akan suhu berlebih. ASUS yang juga produsen utama motherboard telah mengantisipasi dengan teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU notebook ASUS ROG GL502VS untuk menghasilkan pendinginan maksimal. Untuk  menjaga agar bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin maka notebook ini ditambahkan fitur IceCool Technology.

Multimedia lengkap dan prima
Dengan didukung prosesor Intel Core i7-6700HQ dan RAM 32GB DDR4 yang kemudian dilengkapi kartu grafis Nvidia GeForce GTX1070 dengan memori 8GB GDDR5 128-bit, notebook ini memang didesain untuk menunjang game kelas berat. Dengan teknologi terbaru tidak menjadi pesoalan menjalankan dengan resolusi dan detail yang tinggi.
Spesifikasi prima. Sumber: press release ASUS
Dengan didukung port HDMI 4K2K output dapat digabungkan dengan monitor atau bermain di layar yang lebih besar dengan resolusi maksimal. Notebook ini dilengkapi dengan port USB Type-C (USB 3.1 Gen 2) yang kecepatan transfer data hingga 20Gbps. Port USB tipe ini memiliki bentuk yang kecil dan simetris, sehingga mempermudah pemasangan tanpa khawatir terbalik.

Sedangkan kapasitas harddisk (HDD) mencapai 1TB dengan berkecepatan 7200 rpm. Hal ini  bisa menyimpan game (terutama kelas berat) dalam jumlah banyak dan besar di dalamnya. Masih ditambah dengan SSD berukuran 256 GB yang menawarkan kecepatan read/write yang lebih tinggi, yang membuat sistem akan mampu berjalan lebih lancar dan cepat. 
Hasil pengujian crystaldiskmar SSD (atas) dan HDD (bawah). Sumber: http://bit.ly/Bechmark_ROG_GL502VS

Dengan berbagai spesifikasi yang canggih dan padu tersebut juga support dengan teknologi Virtual Reality (VR). Maka dengan demikian bermain game akan lebih mengasyikkan dan terasa lengkap. Suatu hal yang lumrah di zaman yang serba modern ini menggunakan peralatan tambahan sebagai penunjang keyamanan dan sensasi tantangan.

Mendukung teknologi virtual reality. Sumber gambar: materi presentasi

Gamers di era milenial
Dunia saat ini sudah sampai di era milenial, yang ditandai antara lain dengan keberadaan internet yang super cepat dengan harga yang terjangkau sehingga mendominasi sendi kehidupan. Sudah tidak dapat dipungkiri saat ini termasuk di negara kita indonesia, infrastruktur jaringan internet sudah mumpuni. Jaringan serat optik sudah tersedia di mana-mana, demikian pula dengan jaringan seluler atau wireless lainnya (wi-fi) sudah semakin mudah ditemukan. Bermain game online tentu lebih mengasyikkan karena ada “lawan” lebih “real” di seberang  sana.
Notebook ideal buat para gamers. Sumber gambar: channel.asus.com

Bisa dipastikan berbagai game masa kini bisa dijalankan dengan mudah oleh para gamers dengan perangkat yang tidak terlalu merepotkan bila dibawa. Kepuasan bermain game secara online akan lebih mudah dipenuhi dan dapat dilakukan dimana saja asal jaringan internet terpenuhi. Dengan notebook yang portabel dan ringan akan mudah di bawa. Di era milenial ini apalagi ditunjang dengan multimedia yang lengkap dan teknologi VR maka bermain game dengan ASUS ROG GL502VS akan semakin atraktif lagi.

Hasil pengujian bechmark cinebench OPGL (atas) dan CPU (bawah). Sumber : http://bit.ly/Bechmark_ROG_GL502VS

Silahkan menikmati video karya hasil dari acara ASUS Challenge Your City oleh para bloger.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar